Apa Itu Web Browser? Apa Fungsinya?

Web browser adalah aplikasi perangkat lunak yang memungkinkan penggunanya untuk berinteraksi dengan teks, image, video, games dan informasi lainnya yang berlokasi pada halaman web pada World Wide Web (WWW) atau Local Area Network (LAN). Teks dan image pada halaman web dapat berisi hyperlink ke halaman web lain pada website yang sama maupun berbeda. Dengan web browser, seorang pengguna bisa mengakses informasi yang disediakan pada banyak website secara cepat dan mudah. Meskipun browser pada umumnya digunakan untuk mengakses World Wide Web, browser juga bisa digunakan untuk mengakses informasi yang disediakan web server pada jaringan privat atau ini pada sistem file.

Sejarah web browser dimulai pada akhir tahun 80-an, ketika berbagai teknologi baru menjadi dasar pembuatan web browser pertama di dunia, WorldWideWeb, oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991. Browser itu menggabungkan beberapa teknologi software dan hardware yang sudah eksis maupun masih baru pada waktu itu.

Diperkenalkannya web browser NCSA Mosaic pada tahun 1993 --salah satu web browser grafis pertama – memulai ledakan penggunaan web browser. Marc Andreessen, pimpinan tean Mosaic di NCSA kemudian mendirikan perusahaannya sendiri, Netscape dan meluncurkan Netscape Navigator pada tahun 1994. Dengan cepat Netscape Navigator menjadi browser paling populer di dunia, pada masa jayanya digunakan oleh 90% pengguna web browser. Microsoft pun merespon dengan web browser-nya, Internet Explorer (IE) pada tahun 1995, sehingga mencetuskan perang browser pertama di dunia. Membundel IE dengan Windows, Microsoft mampu mengambil alih posisi pemimpin pasar web browser. Pada tahun 2002, IE digunakan oleh lebih dari 95% pengguna.
Share on Google Plus

About Saifudien Djazuli

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar