Fungsi Fasilitas Hotel


1. Fasilitas pokok (Usaha Pokok)

Kebutuhan pokok bagi tamu hotel yang menginap adalah tempat tidur makanan dan minuman . untuk itu hotel menyediakan fasilitas akomodasi ( tempat tidur) rumah makan/restoran dan tempat minum / bar.
a. Kamar tidur (bed room)
Para petugas kantor depan (receptionist dan reservation clerk) harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang kamar tidur yang akan disewakan seperti misalnya tentang tipe kamar tidur , harga sewa/tariff, sarana yang tersedia dan lokasi.
Kamar tidur hotel ( bad room ) dapat di klasifikasikan ke dalam beberapa katagori seperti:
1. Single room , satu kamar tidur dengan di lengkapi satu single bad untuk satu orang.
2. Double room , satu kamar tidur dengan di lengkapi satu double bad untuk dua orang.
3. Twin room , satu kamar tidur dengan dilengkapi dua single bed terpisah masing-masing untuk satu orang dapat di huni oleh dua orang.
4. Triple room , bisa berupa twin room atau double room yang dapt dihuni oleh tiga orang dengan menambahkan satu extra bad .
5. Suite room , pada umumnya satu kamar tidur yang dilengkapi dengan sebuah double atau twin bad , ruang tamu dan dapur kecil.
6. Family unit , 
Selain kata gori tersebut diatas sesuai dengan sarana yang tersedia dikamar tidur dan pelayanan yang diberikan dikenal pula katagori lainya seperti president room , royal room dan sebagainya
b. Rumah makan (restaurant)
Pada pokoknya , rumah makan adalah merupakan tempat usaha komersial yang ruang lingkup kegiatanya menyediakan hidangan-hidangan dan minuman untuk umum dan tempat usahanya. Jadi dengan adanya fasilitas rumah makan , para tamu atau pengunjung lainya dapat membeli atau menikmati makanan di tempat tersebut Berpedoman pada sarana yang tersedia jenis pelayanan , jenis makanan dan lain-lainnya , maka pada dasarnya restoran dapat di bedakan atas beberapa jenis:
1. Dinning room, Merupakan suatu formal restaurant yang menjual berbagai jenis makanan dengan cara ala carie dan table d’hote menu. Peralatan mewah dan dekorasi lebih meriah merupakan cirri utama di samping cara penghidangan makanan ala rusia atau prancis.
2. Supper club , merupakan reatoran yang khusus di buka malam hari dengan dilengkapi berbagai hiburan dan tempat menari (berbagai dansa) dan dengan menawarkan berbagai jenis makanan dalam ala carte menu.
3. Coffee shop/coffee house , merupakan informal restaurant dengan jenis makanan yang sederhana dan pelayanan yang cepat (America servis) dan biasanya dibuka selama 24 jam.
Selain ke tiga jenis restoran di atas dikenal juga “speciality restaurant” yang menjual makanan khusus dari Negara atau daerah tertentu atau yangmenggunakan cara memasak tertentu seperti Japanesse restaurant, French restaurant, dan griil room.

c. Bar
Bar adalah merupakan tempat usaha komersial yang ruang lingkup kegiatanya menghidangkan minuman keras dan minumman lain untuk di minum di tempat usahanya. Jadi dengan adanya fasilitas Bar, para tamu dan pengunjung lainya dapat membeli serta menikmati minuman di sana.. Demikian pula halnya dengan Bar ( Public Bar) dapat dibedakan kedalam beberapa jenis diantaranya :
1. Snack Bar , yng menawarkan jenis-jenis minuman yang sangat terbatas dan makanan kudapan (snack)
2. Coktail Bar , yang menawarkan berbagai jenis minuman Coktails dan diiringi alunan music.
3. Nite clube , yang khusus dibuka malam hari dengan menawarkan berbagai minuman seta dilengkapi dengan hiburan (entertainment) dan fasilitas menari/ berdansa (dance floor). 
Disamping ketiga jenis public bar tersebut , dikenal pula American bar (hamper sama dengansnack bar), English bar atau public house / pub (pada mulanya hanya menjual minuman bir , dengan dekorasi inggris dan tanpa penyediaan meja dan kursi di bar room), dan discotique ( dilengkapi dengan disco)

d. Room servis
Pada dasarnya , room servis memberikan fasilitas dan pelayanan makanan dan minuman kepada tamu hotel di kamar tidur fasilitas ini sangat bermanfaat bagi para tamu yang tidak sempat atau berhalangan makan atau minum baik di restaurant maupun di bar.

e. Special Fungtions
Fasilitas ini diperuntukan dan sangat bermanfaat bagi para tamu yang hendak menyelengarakan pertemuan / perjamuan khusus seperti andrawina ( Banguet) , konprensi dan kegiatan lainya.

2. Fasilitas penunjang (Usaha Penunjang) 

Selain fasilitas pokok tersebut diatas , untuk memberikan dan menjamin keamanan , kenyamanaan dan kepuasan tamu , maka penyediaan fasilitas-fasilitas penunjang lainya sangat diperlukan . Fasilitas penunjang tersebut yang sangat erat kaitanya dengan kebutuhan para tamu seperti :
a. Laundry and Dry Cleaning
b. Telephone, telegram dan facsimile
c. Tempat penjualan barang-barang , surat kabar dan majalah bermacam-macam karcis.
Share on Google Plus

About Saifudien Djazuli

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

1 komentar:

  1. Bagaimana Bar dapat bersaing dan tetap menarik minat pelanggan di tengah persaingan yang ketat? Regards Telkom University

    BalasHapus