Salah satu arus utama yang mengalir pada dunia pendidikan kita saat
ini adalah “Bagaimana mengoptimalkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam
membantu proses pembelajaran di sekolah?” Hal ini tidak berlebihan, mengingat
saat ini dunia pendidikan “hidup” di tengah-tengah arus informasi dan komunikasi
yang begitu cepat. Bukan bermaksud latah, namun jika kita tidak ingin ketinggalan,
maka mau tidak mau kita harus mengoptimalkan TIK dalam proses pembelajaran di
sekolah.
Salah satu komponen yang sangat menentukan dalam upaya optimalisasi
TIK sebagai alat bantu pembelajaran adalah keberadaan Laboratorium Komputer. Laboratoriumkomputer, sebagaimana yang diatur dalam Permendiknas No 24 Tahun 2007 tentang
standar sarana dan prasarana sekolah, berfungsi sebagai tempat mengembangkan
keterampilan dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi. Selain itu, kita
juga memanfaatkan laboratorium komputer untuk membantu proses pembelajaran di
berbagai bidang ilmu, bukan hanya TIK, namun juga IPA, IPS, Bahasa dan
sebagainya. Apabila fungsi Komputer ini dijalankan secara optimal oleh lembaga
pendidikan sebagai media pembelajaran, sangatlah menarik dan penyampaian
pembeljaran tidak akan membosankan. Serta apa yang dipelajari dapat terupdate
secara baik.
Mengingat pentingnya peranan laboratorium komputer dalam mengembangkan
keterampilan TIK dan dalam akselerasi proses pembelajaran, maka perlu dilakukan
upaya manajemen laboratorium komputer yang baik untuk mendukung peran dan
fungsi laboratorium secara optimal. Fungsi manajemen disini adalah
bagaimana melaksanakan manajemen SDM, Perencanaan Laboratorium, PenataanLaboratorium, Standar pealatan Laboratorium hingga berbagai permasalahanlaboratorium Komputer yang sering dihadapi dalam pengelolaan laboratorium computer.
0 komentar:
Posting Komentar