Asal Usul dan Sejarah Blog

Blog berasal dari kata WebLog, yang intinya merupakan sebuah halaman web yang berisi catatan si pemilik web. Catatan-catatan ini memiliki keterangan waktu. Biasanya terdiri atas tanggal, bulan, dan tahun. Catatan ini pun bisa diarsipkan, sehingga memudahkan dalam melihat pembagian waktu dari catatan tersebut. Blog bersifat individual atau pribadi dan dapat dimiliki oleh perorangan. Sedangkan website atau situs pada umumnya dimiliki oleh perusahaan atau organisasi serta di-maintenance oleh lebih dari satu orang. Secara singkat, weblog/blog bisa diartikan sebagai sebuah diary digital.
 
Sejarah munculnya weblog dirintis oleh PyraLab dengan membuat Blogger. Merupakan situs internet yang berisi catatan pribadi serta topik-topik yang dibuat pemiliknya. Tahun demi tahun berganti situs Weblog pun bermunculan dan mulai memikat penggemarnya. Muncullah WordPress, Multiply, Blogspot/Blogger, Blogdrive, Live Journal My Opera, dan lain sebagainya. Weblog tersebut amat popular digunakan karena fasilitas serta kemudahan yang ditawarkan oleh blog gratis tersebut. Disebut blog gratis karena user/pengguna cukup melakukan registrasi pada situs resmi blog tersebut, yang selanjutnya user akan dapat langsung menggunakan blog tersebut. Ada pula versi berbayar, yang berarti Anda harus memiliki webhosting dan domain sendiri. Dalam versi berbayar, Anda harus melakukan penginstalan software blog tersebut pada webhosting yang Anda miliki. Contoh blog tersebut misalnya WordPress. 

Wordpress merupakan situs penyedia jasa blog resmi WordPress berbahasa Inggris terdapat pada http://www.wordpress.com, sedangkan versi WordPress berbahasa Indonesia terdapat di http://id.wordpress.com/.

Blogger merupakan situs blog milik Google, pada awalnya dimiliki oleh Pyralab, baru pada bulan Februari 2003 diakuisisi oleh Google. Untuk melihat halaman muka Blogger dapat dilihat pada alamat http://www.blogger.com/start.
Share on Google Plus

About Saifudien Djazuli

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar