Fungsi Front Office Hotel

front office berasal dari bahasa inggris “ Front” yang berarti depan, dan “office” berarti kantor.
Jadi front office adalah kantor depan. Dalam konteks pengertian hotel, kantor depan merupakan sebuah departemen di hotel yang letaknya di bagian depan. Tepatnya tidak begitu jauh dari pintu depan hotel atau lobby. Area ini merupakan tempat yang paling sibuk di hotel.

Dengan lokasi dibagian depan maka front office termasuk departemen yang paling mudah di cari dan di lihat oleh tamu
Untuk menyebut front office, sebagian hotel menggunakan istilah yang lain, yaitu guest service area ( area pelayanan tamu).
Oleh karena itu kepala departemennya disebut guest service manager.
Sedangkan petugasnya disebut guest service agent. Namun demikian istilah front office  yang masih sering dipakai baik industri perhotelan maupun di kalangan edukasi.
Sedangkan kata front liner adalah sebutan untuk petugas kantor depan yang langsung berhubungan dengan tamu (direct guest contact seperti reception, cashier, guest relation officer, doorman, dan bellboy).
Sering kali ditemui pula istilah front desk yang merupakan sebutan lebih sempit untuk seksi penerima tamu. Di sebut front desk karena tugasnya di area conter (desk)
Kantor depan hotel memiliki fungsi – fungsi penting dalam penyelenggaraan hotel secara menyeluruh. Fungsi tersebut meliputi :
  1. 1.Menjual kamar ( reservasi, check –in dan check out )
  2. 2.Menangani informasi menangani produk atau pelayanan dan informasi umum di luar
  3. 3.Mengkoordinasi pelayanan tamu ( koordinator dari departement lain di hotel)
  4. 4.Melaporkan status kamar ( status kamar dapat di up date secara manual / komputerize.
  5. 5. Mencatat pembayaran tamu (guest bill / guest folio/ guest account)
  6. 6. Menyelesaikan pembayaran tamu ( pada saat check out )
  7. 7. Menyusun riwayat kunjungan tamu (untuk tujuan peningkatan pelayanan)
  8. 8. Menangani telepon, pesan, faksimili dan email
  9. 9. Menangani barang tamu dan barang – barang bawaannya.

  10. Departemen kantor depan mengemban misi yang sangat vital bagi keberhasilan bisnis hotel. Sebab produk yang menjadi pendapatan utama (main revenue / income) hotel adalah kamar . Sedangkan pendapatan terbesar kedua adalah dari makanan dan minuman ( food & beverage) .
¨Peranan kantor depan bagi hotel antara lain :
1.Kesan pertama dan sekaligus kesan terakhir bagi tamu yang menginap di hotel.
2.Sebagai pusat sarafnya hotel
3.Sebagai pusat komunikasi
4.Menjaga hubungan dengan tamu dan departemen lain di hotel 

Share on Google Plus

About Saifudien Djazuli

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar