Peralatan Laboratorium

Laboratorium komputer yang ideal, setidaknya dilengkapi dengan berbagai alat dan bahan yang dapat mendukung kegiatan laboratorium. Peralatan utama yang harus dimiliki oleh lab komputer adalah : 1) Komputer, terdiri dari satu unit komputer untuk guru dan beberapa unit komputer untuk siswa. Jika satu rombongan belajar terdiri dari 30 siswa, maka setidaknya disediakan 15 unit komputer untuk siswa. 2) Meja komputer, jika memungkinkan dipilih meja komputer yang dapat menempatkan monitor di dalam meja. 3) LCD Proyektor dan layar proyektor, digunakan untuk menampilkan materi pembelajaran, 4) Papan tulis (Whiteboard), digunakan untuk memberikan penjelasan tambahan. Dengan demikian fungsi laboratorium komputer akan berjalan lebih optimal dalam pembelajaran.

Di samping peralatan utama, lab komputer juga semestinya didukung oleh adanya jaringan internet baik yang berbasis kabel maupun nir kabel, sistem jaringan Local Area Networking (LAN), program Operation System (OS) legal, program aplikasi office legal, program desain grafis, program desain animasi, program anti virus dan sebagainya. Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah ketersediaan pendingin ruangan untuk mengontrol suhu ruang agar komputer dapat bekerja secara optimal. Pada tahap perencanaan, para pengelola lab komputer (Kalab, teknisi, laboran), membuat rancangan pengajuan alat dan bahan lab komputer.


Share on Google Plus

About Saifudien Djazuli

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar