Online Survey


Survei yang dilakukan dalam melakukan penelitian biasanya dilakukan dengan menyebarkan kuesioner  atau wawancara, dengan tujuan untuk mengetahui: siapa mereka, apa yang mereka pikir, rasakan, atau kecenderungan suatu tindakan. Survei lazim dilakukan dalam penelitian kuantitatif maupun kualitatif. Dalam penelitian kuantitatif, survei lebih merupakan pertanyaan tertutup, sementara dalam penelitian kualitatif berupa wawancara mendalam dengan pertanyaan terbuka.


Dengan kemajuan teknologi internet survey sekarang dapat dilakukan secara online. Survey secara online ada yang bersifat free, lebih dikenal dengan polling, dan ada survey online yang berbayar atau dikenal dengan istilah paid online survey. Kebanyakan menyedia jasa paid online survey adalah operator dari luar negeri yang tentunya sesuai syarat dan ketentuan berlaku di masing-masing survey. Untuk di Indonesia sendiri masih sedikit layanan survey ini. Ketentuan paid online survey seperti metode survey pada umumnya, akan tetapi pertanyaan surveynya seputar pasar (market), pengguna barang atau produk baru sebuah perusahaan. Pemilihan sample pun tidak sembarangan, jadi belum tentu semua anggota (member) yang terdaftar dapat mengikuti setiap survey, tetapi ada juga situs online survey yang membebaskan para membernya untuk mengikuti survey.
Pembayaran paid online survey ini lebih banyak menggunakan pay pal dan check, sehingga bagi yang belum memiliki paypal tidak dapat mengikuti paid online survey. Ada beberapa paid online survey yang tidak mewajibkan memiliki paypal, master card dan sebagainya. Ada juga yang membayar membernya dengan berbagai macam voucher belanja atau barang dari sebuah perusahaan yang menggunakan jasa operator survey tersebut.


Share on Google Plus

About Saifudien Djazuli

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar