Survei yang dilakukan dalam melakukan penelitian biasanya dilakukan dengan menyebarkan kuesioner atau wawancara, dengan tujuan untuk mengetahui: siapa mereka, apa yang mereka pikir, rasakan, atau kecenderungan suatu tindakan. Survei lazim dilakukan dalam penelitian kuantitatif maupun kualitatif. Dalam penelitian kuantitatif, survei lebih merupakan pertanyaan tertutup, sementara dalam penelitian kualitatif berupa wawancara mendalam dengan pertanyaan terbuka.
Dengan kemajuan teknologi internet survey sekarang dapat dilakukan
secara online. Survey secara online ada yang bersifat free, lebih dikenal
dengan polling, dan ada survey online yang berbayar atau dikenal dengan istilah
paid online survey. Kebanyakan menyedia jasa paid online survey adalah operator
dari luar negeri yang tentunya sesuai syarat dan ketentuan berlaku di
masing-masing survey. Untuk di Indonesia sendiri masih sedikit layanan survey
ini. Ketentuan paid online survey seperti metode survey pada umumnya, akan
tetapi pertanyaan surveynya seputar pasar (market), pengguna barang atau produk
baru sebuah perusahaan. Pemilihan sample pun tidak sembarangan, jadi belum
tentu semua anggota (member) yang terdaftar dapat mengikuti setiap survey,
tetapi ada juga situs online survey yang membebaskan para membernya untuk
mengikuti survey.
Pembayaran paid online survey ini lebih banyak menggunakan pay pal
dan check, sehingga bagi yang belum memiliki paypal tidak dapat mengikuti paid online
survey. Ada beberapa paid online survey yang tidak mewajibkan memiliki paypal,
master card dan sebagainya. Ada juga yang membayar membernya dengan berbagai
macam voucher belanja atau barang dari sebuah perusahaan yang menggunakan jasa
operator survey tersebut.
0 komentar:
Posting Komentar