Fungsi RSS Feed

Salah satu fungsi dari penggunaan RSS selain sebagai sarana pertukaran data secara ringkas, adalah untuk berlangganan feed(subscribe) dari situs atau blog favorit yang dipilih agar bisa menerima update terbaru darinya tanpa harus mengunjungi satu per satu situs tersebut, bebas spam, cepat dan efisien. Dan untuk berlangganan RSS feed kita memerlukan RSS Reader juga disebut news reader atau feed reader(pembaca umpan). Ada lagi yang menyebutnya sebagai aggregator (pengumpul berita). RSS feed reader adalah salah satu alternatif lain untuk berlangganan update pemberitahuan dari situs berita atau weblog selain via Email.

RSS reader inilah yang akan memungkinkan kita untuk bisa berlangganan ke RSS feed (umpan RSS) dari situs-situs yang kita pilih. Konten feed akan mengalir langsung ke RSS Reader kita, membuat informasi yang kita butuhkan tersedia dalam satu pusat.

Ketika membaca sebuah konten feed, kita selalu punya pilihan untuk mengeklik ke situs web aslinya atau membaca RSSnya saja dalam bentuk xml, tapi untuk berkomentar tentu harus berkunjung ke situs aslinya, namanya juga umpan (feed) ya sifatnya cuma pancingan dan orang yang berlangganan feed (subscriber) adalah ibarat ikan yang dipancing menggunakan umpan RSS dengan harapan jika mereka tertarik dengan yang dibacanya, mereka terdorong untuk berkunjung ke situs aslinya alias pengumpan (feeder) dan memberikan komentar yang otomatis meningkatkan traffic pengunjung.
Share on Google Plus

About Saifudien Djazuli

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar