Bisnis Online

Seiring dengan perkembangan internet, bisnis online semakin marak. Kata sederharan yang sering dijumpai dalam pergaulan masyarakat adalah “cari uang lewat website” atau “cari uang di rumah aja melalui online” sekilas kata-kata ini menggiurkan akan tetapi tidak mudah untuk dilaksanakan alias butuh belajar, bukan seperti sulap. Ruang lingkup Bisnis online sangatlah luas dan melibatkan banyak pihak, khususnya perantara atau distributor atau jasa pengiriman. Apakah bisnis online ini akan berkembang pesat di Indonesia? Mengingat bangsa Indonesia lebih memiliki kultur jual beli secara langsung, melihat penjual, melihat dan merasakan barangnya. Kemungkinan bisnis online ini akan berkembang pesat di Indonesia, khusus bisnis bidang jasa, untuk bisnis produk seperti sepatu, tas, dan produk hardware sampai sekarang terlihat masyarakat Indonesia masih nyaman untuk pergi langsung ke pusat, kalau tidak ke pepet tidak membeli secara online. Berikut macam-macam dan pelaku bisnis online ….

Macam-macam bisnis online :

  • Online to Online: ini merupakan sebuah bisnis yang di lakukan secara online. Seperti contoh, kita membuka jualan domain dan hosting, ebook, jasa web design, SEO service, dan lain-lain.
  • Online to Offline: ini merupakan salah satu bisnis online yang di jalankan secara ofline. Seperti contoh, jika kita membuka seminar internet markting, membuka pelatihan design web, kursus SEO Blog, dan lain-lain.
  • Offline to Online: ini merupakan aktifitas kita sehari-hari sebagai wirausaha yang membuka bisnis-nya dalam keadaan offline kemudian dipromosikan secara online melalui media social. Seperti contoh, kita membuka toko baju online, toko aksesoris online, dan lain-lain.
Pelaku bisnis online :
  • Owner: sebagian orang yang memiliki produk atau jasa.
  • Marketer: mereka-mereka yang mempunyai keahlian dalam memasarkan sebuah produk tanpa mempunyai produk tersebut.
  • Advisher : orang atau badan yang mengiklankan produknya melalui media website, advertaising di dunia internet sekarang semakin berkembang apalagi didukung dengan adanya googleadwords.
  • Publisher: sebagian orang yang mempunyai web/blog dengan menyediakan ruang sebagai tempat promosi produk. Yang paling terkenal saat ini adalah menjadi publisher di google adsense atau google adchoice.

Bisnis Online yang sedang popular
  • Pay Per Click (PPC), merupakan program kerjasama dibidang periklanan, dimana pihak advisher atau pengiklan berkerjasama dengan pihak publisher untuk menerbitkan iklannya melalui websitenya. 
  • Affiliate Program adalah kerjasama saling menguntungkan antara orang atau badan yang menjual produknya dengan publisher. Kebanyakan  Affiliate Program berupa komisi dari hasil penjualan suatu produk.
  • Online Survey merupaka jasa survey yang dilakukan secara online atau melalui jaringan internet. Surveyor diharuskan mendaftar terlebih dahulu sesuai dengan profile dan biografi surveyor, semakin banyak bidang yang dikuasainya semakin banyak peluangnya untuk banyak melakukan survey. Survey online juga memberikan beberapa alternative pemasaran sebuah produk atau jasa.
  • Advertising adalah periklanan. Sebuah produk pasti membutuhkan media pengiklanan. Seiring perkembangan teknologi internet, banyak produk internet yang perlu juga diiklankan semisal service web hosting. Selain itu website yang memiliki traffic yang tinggi atau pengunjung yang banyak merupakan media pengiklanan terbaik bagi produk baru. Periklanan ini dapat juga berkerjasama dengan model Pay Per Click (PPC) atau dengan Affiliate Program.

Share on Google Plus

About Saifudien Djazuli

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar